Rabu, 14 November 2012

Cara Merawat dan Memperpanjang Usia Baterai

Semakin banyak gadget yang kamu miliki,semakin banyak baterai yang kamu butuhkan. Padahal harga baterai tidak murah. Mahal malah. Satu-satunya cara untuk menghemat pengeluaran adalah dengan menggunakan baterai sebaik mungkin. Dengan begitu baterai tahan lama dan kamu hanya perlu membeli baterai baru jika benar-benar sudah rusak. Para pakar banyak yang mengemukakan banyak hal sederhana untuk memperpanjang hidup baterai. Berikut tip dari Nokia,Dell,dan Apple. Ketiganya adalah perusahaan IT terkemuka di dunia.

1. Hindari suhu yang sangat panas
          Inilah salah satu aturan paling baku untuk mempertahankan usia pakai baterai. Misalnya,jangan letakkan laptop di mobil pada siang hari yang terik,pesan juru bicara Dell. Jika kamu terpaksa meninggalkan alat elektronik di mobil jangan letakkan di dashboard ya. Jangan pula menyimpan alat elektronik di bagasi atau laci mobil. Tempat terdingin di mobil adalah dibawah kursi. Sementara Apple merekomendasikan untuk melepas pembungkus tambahan iPod atau iPhone jika gadget kesayangan kamu itu menjadi menjadi panas saat di-charge.

 2. Hati-hati terhadap suhu dingin
          Jika kamu baru bepergian membawa gadget ke tempat bersuhu dingin,jangan langsung memasangnya ya. Kembalikan dulu baterai sampai ke suhu ruangan. Demikianlah saran dari juru bicara Dell.

 3. Cabut ponsel dari charger jika dayanya sudah penuh
           Tindakan ini akan melindungi baterai dan menghemat energi,kata Petri Vuori dari Nokia. Jangan lupa untuk untuk mencabut charger dari colokan.

4. Biarkan baterai di dalam laptop
          Beberapa situs merekomendasikan untuk melepas baterai ketika kamu sedang mengaktifkan laptop kamu. Katanya sih supaya baterai tidak cepat rusak. Menurut juru bicara Dell,saran itu KELIRU. Baterai justru akan lebih mudah rusak jika dikeluarkan dari tempatnya. Mencabut baterai tidak diperlukan karena mikroprosesor dalam laptop sanggup mengatur pengisian daya secara otomatis. Baterai akan berhenti terisi jika telah penuh. Jika sering dicabut pada saat digunakan maka akan ada aliran listrik yang tidak stabil. Karena listrik punya daya yang tinggi dan kadang tiba-tiba bisa turun,laptop kamu nanti yang akan kena imbasnya. Harddisk kamu bisa-bisa almarhum lebih cepat (pengalaman pribadi nih.. hiks.. hiks..)

5. Gunakan laptop dengan baik
          Tutup aplikasi yang tidak digunakan.Karena dengan membuka aplikasi yang lumayan banyak pada laptop akan mempercepat habisnya baterai laptop. Dan sebaikanya,matikan laptop saat baterai >40%. Jangan tunggu hingga baterai benar-benar habis.


Sumber : Majalah Teen dan pengalaman pribadi...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar